Temui Trump, Kim Jong-un Bakal Dilindungi Jet Tempur China


Pemimpin Korea Utara (Korut) Kim Jong-un juga akan dilindungi pesawat-pesawat jet tempur China sepanjang penerbangan ke Singapura untuk berjumpa Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump. 

Sumber-sumber militer Korea Selatan membuka hal tersebut.

Pertemuan ke-2 pemimpin untuk merampungkan krisis nuklir Pyongyang juga akan berjalan di Pulau Sentosa, Singapura, pada 12 Juni 2018.

Seseorang petinggi Angkatan Udara Korea Selatan menyebutkan pada South China Morning Post (SCMP) kalau pesawat-pesawat jet tempur China juga akan mengamankan jalur penerbangan Kim menuju lokasi pertemuan.

" Mengawal (kepala negara) dengan jet yaitu salah satu protokol keamanan teratas yang bisa disiapkan oleh angkatan udara, " kata sumber militer Korea Selatan pada SCMP, yang diambil Jumat (8/6/2018).

" Mungkin saja ini pesan yang diperuntukkan pada aliansi AS-ROK (Republik Korea atau Korea Selatan) kalau Cina pendukung kuat rezim Kim. "

Surat berita yang berbasiskan di Hong Kong, yang disadarisisi oleh Alibaba Group pada bln. Desember 2015, juga memberikan laporan kalau Beijing berupaya memperluas pengaruhnya atas Pyongyang mendekati pertemuan bersejarah itu.

Dalam beberapa bln. paling akhir, AS, Korea Selatan serta Korea Utara sudah ikut serta dalam pertemuan yang belum juga sempat berlangsung terlebih dulu. Rentetan tindakan diplomatik ini membawa keinginan kalau Perang Korea juga akan resmi disudahi sekaligus kurangi resiko perseteruan nuklir di sekitaran Semenanjung Korea.

Disamping itu, pada hari Kamis, Wall Street Journal memberikan laporan kalau Trump muak mendengar laporan yang mengatakan kalau dia lemah di mata China. Laporan itu yang disangka menyebabkan Trump untuk memohon penasihatnya dalam pertemuan 22 Mei agar " bergerak " dengan memberlakukan tarif lebih pada Beijing jadi partner untuk memaksa konsesi perdagangan.

Comments